Selasa, 17 Januari 2012

Fungsi Sistem Operasi

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi
melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Fungsi-fungsi Sistem Operasi pada Komputer meliputi:

1.Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
2.Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
3.Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
4.Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
5.Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
6.Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.
Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
7.Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

Itulah fungsi-fungsi sistem operasi yang perlu anda ketahui sebagai bekal dasar Anda dalam mempelajari ilmu komputer. Semoga bermanfaat. Amiiin

Definisi Sistem Operasi

Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS

Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya.

Senin, 16 Januari 2012

Bagaimanakah Cara Komputer Anda Bekerja?

Sahabat Kang Kompie yang budiman.... Setelah mempelajari dasar-dasar ilmu komputer dan mengetahui berbagai perangkat keras yang menyusunnya, pada postingan kali ini, kita akan mencari tahu bagaimanakah cara komputer Anda bekerja? Pengetahuan ini cukup penting agar anda tahu dan paham cara komputer anda bekerja hingga menghasilkan suatu output yang Anda harapkan. Oke sahabat...langsung saja kita bahas bersama-sama.

Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.

Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bagian:

Memori

Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.

Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.

Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.

Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.

Pemrosesan

Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central Processing Unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.

Input/Output (I/O)

I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.

Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.

Instruksi

Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".

Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)

Arsitektur

Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.

Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.

Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.

Program

Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram. "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan

Sistem operasi (Operating System)

Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.

Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (penggerak) yang membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

Begitulah komputer bekerja. Masing-masing bagian akan bekerja menurut pungsinya masing-masing dan masing-masing saling berkaitan satu dengan yang lainnya atau saling bergantung antara satu dengan yang lainnya. Kemudian hasilnya akan berupa informasi yang dibutuhkan oleh user sesuai dengan instruksi yang diberikan.(Sumber: Wikipedia)

Basic Input Output System (BIOS)

Ok sahabat...pada session kali ini kita akan sama-sama membahas tentang BIOS yang kepanjangannya adalah Basic Input Output System. Anda pernah mendengar tentang BIOS bukan? Jika kita biasanya mensetting perangkat keras komputer pertama kali biasanya kita disuruh membuka BIOS dengan menekan tombol DELET atau F2 atau...(lain PC kadang beda tombol untuk membuka BIOS nya). Di dalam BIOS inilah kita akan mengatur perangkat keras komputer kita, melakukan inisialisai,mengatur beberapa konfigurasi dasar komputer dan untuk lebih lengkapnya kita akan bahas di bawah ini

Menurut bang Wiki (wikipedia.com)BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.



Tampilan Halaman BIOS

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/BIOS

Siklus Pengolahan Data Pada Komputer

Suatu Proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle). Gambaran siklus pengolahan data adalah seperti blog diagram dibawah ini:



Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data diatas dapat dikembangkan lebih lanjut (expanded data processing cycle). 3 tahapan diatas dapat ditambahkan menjadi lebih banyak lagi sesuai kebutuhan. Gambarannya seperti blog diagaram dibawah ini:


Keterangan dari blog diagram:
Origination. Tahapan ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasnya merupakan proses pencatatan (recording), data ke dokumen dasar.

Input . Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam sistem komputer lewat input device.

Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh processing device yang berupa penghitungan, membandingkan, mengkalsifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di memori.

Output
. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke output device yang berupa informasi hasil pengolahan.

Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output hasil pengolahan kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.

Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Dua anak panah yang berlawanan arah menunjukkan hasil pengolahan dapat disimpan atau diambil kembali jika dibutuhkan untuk pengolahan data selanjutnya.

Perangkat Keras (hardware) Utama pada Komputer

Jika pada postingan sebelumnya saya mengajak Anda untuk mengenal PC Anda, maka pada postingan kali ini saya mengajak Anda untuk lebih akrab dengan perangkat keras utama dari komputer Anda. Bila menengok lebih ke dalam pada kotak casing, Anda akan melihat beberapa komponen hardware yang membuat komputer Anda bekerja. Berikut adalah perangkat keras utama pada komputer:

1. Motherboard

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar


Gambar 1. Motherboard

2. Processor

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.


Gambar 2. Processor

3. RAM

RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut


Gambar 3. RAM

4. VGA

Pengertian VGA adalah sebuah antarmuka analog pada kartu grafis yang umumnya digunakan untuk menghubungkan antara komputer dengan monitor yang menggunakan plug 15-pin dan soket. Standar VGA awalnya dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987 dan memungkinkan untuk resolusi layar 640×480 piksel. Sejak itu, banyak revisi dari standar telah diperkenalkan. Yang paling umum adalah Super VGA (SVGA), yang memungkinkan untuk resolusi yang lebih besar dari 640×480, 800×600 atau seperti 1024×768. Sebuah koneksi VGA standar memiliki 15 pin dan berbentuk seperti sebuah trapesium. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.


Gambar 4. VGA

5. Media Penyimpanan Data

Komputer mempunyai perangkat keras untuk media penyimpanannya. Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas. Contoh dari memori eksternal adalah floppy disk, harddisk, cd-rom, dvd.
Hampir semua memori eksternal yang banyak dipakai belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran piringan tersebut


Gambar 5. Media penyimpanan

Disamping perangkat-perangkat utama di atas, bisa juga ditambahkan perangkat keras lain yang untuk mendukung kerja komputer, misalnya soundcard, LANcard dan lain-lain. Semua komponen ini akan bekerja secara bersama-sama dan saling berkait untuk mengolah perintah yang diberikan pada mereka.

Mengenal Lebih Dekat PC Anda

Anda mungkin pernah mengamati komputer Anda di rumah dan melihat komponen-komponen yang terpasang disana? Itulah yang disebut dengan perangkat keras (hardware) komputer. Istilah perangkat keras komputer, mengacu pada berbagai komponen elektronik yang digunakan secara bersama-sama dan diletakkan dalam sebuah kotak yang disebut dengan casing.


Perangkat Keras (hardware) Komputer

Seperti kita ketahui bersama, peralatan komputer (hardware) secara umum terdiri dari:
  • Kotak Utama yang biasa disebut casing. Di dalamnya ditaruh berbagai macam komponen yang bekerja secara bersama-sama dan saling terkait.
  • Sebuah Monitor atau layar screen. Peralatan ini berfungsi sebagai penampil hasil kerja perangkat yang berada di dalam casing.
  • Sebuah Keybord yang berfungsi input untuk memberikan perintah pada perangkat agar melakukan proses seperti yang diinginkan.
  • Sebuah mouse yang berfungsi sebagai alat untuk menunjuk dan mengeksekusi sebuah aplikasi
  • Speaker sebagai output peralatan multimedia yang mungkin di pasang pada komputer
  • dan sebagai tambahan adalah alat pencetak (printer) yang berfungsi untuk mencetak hasil kerja komputer
Casing merupakan tempat meletakkan komponen utama pada komputer. Bagian perangkat keras komputer yang berada di dalam casing dan fungsi-fungsinya sebagai berikut:


Perangkat Keras di dalam kotak utama (casing)
  • Tempat penyimpanan informasi atau data sementara atau yang biasa disebut memori.
  • Tempat penyimpanan informasi atau data yang permanen. Biasanya terdiri dari hardisk, floppy disk atau CDROM
  • CPU (Central Processing Unit) adalah tempat mengolah atau memanipulasi data.
  • Bagian input/Output (IO) yang memungkinkan komputer dapat berkomunikasi dengan dunia luar dan mersepon perintah dari user.
  • Sebuah catu daya (power supply) yang menyediakan daya listrik untuk komponen-komponen yang ada dalam casing
Itulah bagian-bagian perangkat keras yang ada pada komputer Anda. Seiring perkembangan teknologi, tentu masih ada perangkat-perangkat keras yang lain yang bisa ditambahkan pada komputer Anda.

Definisi Komputer

Setelah anda mengetahui tentang sejarah penemuan komputer di dunia dan arti pentingnya belajar ilmu komputer dan TI, sebagai bekal awal kita dalam mempelajari ilmu komputer dan TI, kita juga perlu mengetahui tentang definisi komputer. Pengetahuan tentang definisi komputer ini akan menambah pemahaman anda tentang dunia komputer beserta aplikasi-aplikasinya.

Saya yakin Anda semua sudah tahu dengan komputer karena saat inipun anda sedang menggunakannya untuk membaca artikel saya. Jika Anda ditanya tentang apa itu komputer, anda mungkin akan menjawab bahwa komputer adalah seperangkat alat yang terdiri dari CPU, monitor dan perangkat-perangkat pendukung lainnya. Jawaban tersebut tidak salah jika anda melihat komputer dari segi fisiknya. Namun sebenarnya komputer itu memiliki arti yang luas dan setiap orang yang berbeda akan memiliki jawaban yang berbeda pula.

Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon). Kemudian diadaptasi pengucapannya menjadi computer atau dalam istilah Indonesianya Komputer. Selanjutnya definisi komputer terus mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan teknologi dan fungsi komputer itu sendiri.

Definisi komputer menurut beberapa buku komputer populer yang pernah saya baca dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang beroperasi secara otomatis, dapat menerima input data atau informasi, mengolahnya menggunakan instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori komputer (stored program), menyimpan data dan informasi hasil pengolahan dan menampilkannya jika dibutuhkan. Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah kompulan instruksi atau perintah yang sudah di instal ke dalam memori komputer agar komputer dapat melakukan fungsinya sesuai dengan instruksi yang diberikan

Minggu, 15 Januari 2012

Pentingkah Mempelajari Ilmu Komputer dan TI di Zaman Digital Ini?

Pentingkah Mempelajari Ilmu Komputer dan TI ? Jika ada yang mengatakan "tidak penting", maka bisa dikatakan orang tersebut tidak ingin maju dan membiarkan dirinya menderita "gagap teknologi"di zaman yang serba komputer ini. Kenapa? Karena hampir semua aspek kehidupan manusia saat ini sudah terkomputerisasi. Contoh yang paling aktual adalah pembuatan e-KTP yang berbasis teknologi komputer dan teknologi informasi.

Semenjak ditemukannya komputer di dunia, kehidupan manusia mengalami evolusi dan revolusi perkembangan yang cukup besar. Banyak inovasi baru yang tercipta akibat dari penemuan komputer. Jika sebelumnya manusia beraktivitas secara manual, namun sejak ditemukannya komputer, pekerjaan manusia dibantu oleh teknologi komputer yang lebih memudahkan dan mengefektifkan kerja manusia dalam beraktifitas.

Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mempelajari komputer. Belajar ilmu komputer dan TI itu penting jika kita ingin maju dan sukses. Sebab pengetahuan kita tentang ilmu komputer dan TI akan membantu kita dalam beraktifitas di era yang serba terkomputerisasi ini. Jika tidak, maka yakinlah, kita akan tertinggal jauh dan masih menderita "gagap teknologi" akut yang membuat kita tidak pede untuk berinteraksi di zaman yang serba modern ini.

Apapun alasannya, belejar ilmu komputer dan TI tetap penting. Oleh karena itu, KOMPIE 21 adalah sebuah blog yang bisa menjadi refrensi Anda untuk belajar ilmu komputer dan TI di Internet. Di dalamnya, kami menyajikan informasi seputar dunia TI terkini, tutorial ilmu komputer, Tips dan Trik Komputer, artikel tentang TI, ulasan seputar Internet dan Web, Hardware Review serta download software gratis. Semoga apa yang saya posting di Blog Kang Kompie ini bermanfaat untuk kita semua. Amiiin

Sejarah Penemuan Komputer di Dunia

Hallo sahabat Kang Kompie...Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga kesehatan dan kesuksesan selalu dianugerahkan untuk Anda.

Untuk memulai pelajaran kita tentang ilmu komputer, kali ini, Kang Kompie akan bercerita tentang sejarah penemuan komputer di dunia. Cerita ini tentunya bukan kisah yang diceritakan oleh eyang kakung ataupun eyang putri saat mau tidur he he...tetapi cerita ini adalah cerita ilmiah yang Si Kompi baca dari berbagai sumber terpercaya. Oke sobat... langsung saja kita menyimak sejarah penemuan komputer di dunia yang saya ceritakan secara kronologis menurut urutan tahun dan orang-orang yang terlibat sebagai tokoh sejarah penemuan itu.

1822: Charles Babbage mengemukakan idenya tentang sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Museum of Science.

1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronis pertama. Dengan nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). ABC hanya dapat menghitung tambah dan kurang.

1943: Selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.

1944: Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

1945: Dr. John von Neumann menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.

1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER.

ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati.

ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama di dunia.

The U.S. Bureau of Cencus pada tahun 1951 menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama Universal Automatic Computer – UNIVAC I. UNIVAC I dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.

1947: Transistor pertama ditemukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain. Semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil dan inilah cikal bakal munculnya komputer modern di dunia hingga yang kita kenal dan gunakan sekarang ini.

Dari bacaan di atas diketahui bahwa penemu komputer (bukan kalkulator) adalah Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr.

*Dikutip dari berbagai sumber

Selamat Datang di Blog Kang Kompie

Hallo sahabat-sahabat pengguna dan penggemar dunia komputer dan TI Indonesia. Selamat datang dan terimakasih saya ucapkan atas kunjungan Anda di Blog Kang Kompie. Kang Kompie senang sekali bisa berbagi dengan Anda dan semoga apa yang saya posting di blog ini memberi manfaat yang seluas-luasnya buat saya sendiri dan sahabat-sahabat sekalian.

Blog Kang Kompie ini adalah sebuah media bagi saya untuk berbagi dengan siapa saja, dimanapun dan kapanpun tentang ilmu komputer dan teknologi informasi. Blog ini berisi tutorial gratis belajar ilmu komputer dan ulasan-ulasan seputar teknologi informasi. Blog ini saya tujukan bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk belajar ilmu komputer secara formal sehingga Anda bisa belajar kapanpun dan dimanapun dengan santai.

Menyadari bahwa Kang Kompie bukanlah seorang pakar pada bidang ilmu Komputer ataupun TI, maka Kang Kompie berharap kritik dan saran yang membangun dari sahabat-sahabat yang mungkin lebih mengetahui untuk menjadi pembelajaran buat Kang Kompie dan menambah ilmu Kang Kompie dalam mempelajari ilmu komputer dan TI. Semoga kebajikan apapun yang kita perbuat meskipun itu sedikit, menjadi ladang amal bagi kita di mata Allah SWT. Amiin...